3 : 2010

plastik

artinya 3 anak untuk tahun 2010. ambisius banget ga yah… mengharapkan memiliki banyak keturunan, tanpa memperhatikan bagaimana proses dari lahirnya keturunan itu sendiri, berikut segala kepayahan dan keletihannya serta kemampuan dari ‘aku’ dalam mendidik, merawat, membesarkan menyayangi, berbuat adil serta bertanggung jawab untuk hidup mereka…

tanggung jawab….

rasanya untuk bertanggung jawab terhadap ‘aku’ aja masih belum bisa.

masih belum bisa memberikan kebaikan untuk diri sendiri,

masih belum bisa melakukan sesuatu yg berguna untuk diri sendiri,

masih belum bisa menghindari sesuatu yang merusak dari diri,

dan masih banyak lagi hak-hak dari diri yang masih belum bisa terpenuhi.

sadar begini knp dulu berani ngelamar anak orang ya… dan dengan pongahnya gagahnya menyatakan “saya siap bertanggungjawab terhadap kehidupan anak bapak”

“siap menafkahinya, membelanya, merawatnya, menyayanginya dan janji-janji lainnya yg sekarang udah lupa apa yg dulu pernah diucapkan”.

sekarang, mungkin hanyalah sekedar memberikan uang belanja bulanan dan sensor yang udah dilakukan. itu aja.

dan sekarang, mengharapkan tanggung jawab lebih besar lagi yang ingin dipikul.

berharap punya anak 3 — 5 — 7 atau malah sebelas ????

nyadar ngga sih …

dibutuhkan ilmu, kematangan berfikir, emosi, kesabaran, bersikap untuk mendidik, membesarkan dan sekali lagi bertanggung jawab.

bagaimana mengajarinya untuk menghadapi hidup, mengajarkan benar dan salah, dien,

meluangkan waktu baginya dalam segala kepenatan hidup, untuk tetap gembira baginya ketika dia ingin bermain, mengimbanginya dengan perhatian yang penuh antusiasme terhadap apa yang ia ceritakan dengan penuh semangat, meskipun segala kepenatan hidup masih belum hilang dari diri.

anak bersama kita tidak hanya untuk 2 — 3 tahun. mereka akan terus berada dalam tanggung jawab kita hingga kita berhenti bernafas kelak.

dan tanggung jawab itu tidak berhenti dengan berhentinya nafas. masih ada lembaran-lembaran pertanyaan yang harus di jawab nantinya, terhadap apa yang sudah dilakukan.

jadi….

3 : 2010 – – udah siapkah

kehilangan arah…

penuh dengan batasan…

terperangkap dalam mimpi…

batas-batas tanpa akhir..

terjerat waktu berputar…

instalasi keinginan….

[Plastik – Insting Psiko Harmoni]


About this entry