Binatang-binatang yang disebut dalam Al Qur’an

Semut
نَمْلٌ
(naml)

Semut adalah serangga kecil berkaki enam, yang hidup secara berkelompok (yang disebut koloni) dan dipimpin oleh ratu semut dan tentaranya, yang selalu bergotong royong mengumpulkan makanan. Semut mempunyai antena di kepalanya yang membantunya untuk merasa, mencium dan meraba.


حَتَّى إِذَا أَتَوْا عَلَى وَادِي النَّمْلِ قَالَتْ نَمْلَةٌ يَا أَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوا مَسَاكِنَكُمْ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمَانُ وَجُنُودُهُ وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”
QS An-Naml [27]:18


Lebah

نَحْلٌ
(nahl)

Lebah hidup di hampir semua tempat di bumi. Lebah terdiri dari berbagai macam warna seperti hitam, abu-abu, kuning, merah, hijau atau biru..
Sebagian lebah hidup secara berkelompok yang disebut koloni dan dipimpin oleh Ratu lebah, lebah pekerja dan tentara lebah.
Lebah madu menghasilkan madu.


وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”
QS An-Nahl [16] : 68

Unta
جَمَلٌ
(jamal)

Unta (camelus) adalah binatang yang hidup di padang pasir yang panas dan kering, yang dapat berjalan dalam waktu yang lama tanpa air minum.
Ada dua jenis unta :

  1. Unta Arab (Camelus dromedarius), yang memiliki satu punuk di punggungnya, dan,
  2. Unta Bactrian (Camelus bactrianus), yang mempunyai dua punuk.


وَأَذِّن فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِن كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh
QS Al-Hajj [22]:27

Gagak
غُرَابٌ
(ghurab)

Gagak ditemui hampir di semua benua, biasanya berwarna hitam dan termasuk diantara jenis burung yang paling pandai. Suara burung gagak keras dan biasanya kasar.

.

.

فَبَعَثَ اللّهُ غُرَابًا يَبْحَثُ فِي الأَرْضِ لِيُرِيَهُ كَيْفَ يُوَارِي سَوْءةَ أَخِيهِ قَالَ يَا وَيْلَتَا أَعَجَزْتُ أَنْ أَكُونَ مِثْلَ هَـذَا الْغُرَابِ فَأُوَارِيَ سَوْءةَ أَخِي فَأَصْبَحَ مِنَ النَّادِمِينَ

Kemudian Alloh menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya . Berkata Qabil: “Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal.”
QS Al-Ma’idah [5] : 31


Keledai
حِمَارٌ
(himaar)

Keledai adalah binatang yang termasuk keluarga kuda, memiliki telinga yang panjang, moncong, bulu pundak yang pendek, dan ekor dengan bulu rambut yang panjang di unjungnya.
Keledai disebut hewan beban karena mereka biasa membawa beban yang berat.


مَثَلُ الَّذِينَ حُمِّلُوا التَّوْرَاةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًا بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

Perumpamaan orang-orang yang dipikulkan kepadanya Taurat, kemudian mereka tiada memikulnya,  adalah seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal
QS Al-Jumu’ah [62]:5

Gajah
فِيْلٌ
(fil)

Gajah adalah binatang darat yang paling besar, yang tingginya dapat mencapai 13 kaki, memiliki belalai yang panjang, juga memiliki gading.
Ada dua jenis Gajah: Gajah Afrika dan Gajah Asia.


أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ

Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?
QS Al-Fil [105] : 1

lalat
ذُبَابٌ
(dzubaab)

Lalat adalah serangga berkaki enam serta memiliki sepasang sayap. Meskipun lalat menjengkelkan dan mengganggu, mereka juga bermanfaat dalam banyak cara, seperti membawa serbuk sari tanaman dan memakan serangga pengganggu lainnya.


يَا أَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِن دُونِ اللَّهِ لَن يَخْلُقُوا ذُبَابًا وَلَوِ اجْتَمَعُوا لَهُ وَإِن يَسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْئًا لَّا يَسْتَنقِذُوهُ مِنْهُ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوبُ

Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.
QS Al-Hajj [22] : 73

Kera
قِرْدٌ
(qird)

Kera adalah binatang primata (menyusui) serta termasuk binatang yang paling cerdas. Kera sebagian besar hidup di hutan tropis yang hangat seperti di negara kita.Kera memiliki 2 kaki dan 2 lengan yang panjang dengan tangan yang dapat menangkap dan memegang benda-benda.


فَلَمَّا عَتَوْاْ عَن مَّا نُهُواْ عَنْهُ قُلْنَا لَهُمْ كُونُواْ قِرَدَةً خَاسِئِينَ

Maka tatkala mereka bersikap sombong terhadap apa yang dilarang mereka mengerjakannya, Kami katakan kepadanya: “Jadilah kamu kera yang hina.
QS Al-A’raf [7] : 166

Nyamuk
بَعُوضَةٌ
(ba’uwdhah)

Nyamuk termasuk binatang serangga. Hanya nyamuk betina yang menghisap darah, sedangkan makanan nyamuk jantan berupa madu dan air. Banyak nyamuk yang membawa penyakit seperti malaria dan demam berdarah. Nyamuk betina hanya menyimpan telur-telurnya di air.


إِنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَحْيِي أَن يَضْرِبَ مَثَلاً مَّا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُواْ فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِن رَّبِّهِمْ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُواْ فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَـذَا مَثَلاً يُضِلُّ بِهِ كَثِيراً وَيَهْدِي بِهِ كَثِيراً وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلاَّ الْفَاسِقِينَ

Sesungguhnya Alloh tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu.
QS Al-Baqarah [2]:26

Laba-laba
عَنْكَبُوتٌ
(‘ankabuut)

Laba-laba tergolong dalam hewan yang disebut arachnida. Laba-laba berkaki delapan, yang tubuhnya terdiri dari 2 bagian: kepala dan rongga dada; dan perut. Banyak laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsa.


مَثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِن دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاء كَمَثَلِ الْعَنكَبُوتِ اتَّخَذَتْ بَيْتًا وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ الْعَنكَبُوتِ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Alloh adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.
QS Al-Ankabuut 29:41

About these ads

About this entry